Ketua KPU Karanganyar: Dibutuhkan 51.648 KTP Pendukung Untuk Calon Independen


PortalPilkada.Id | Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar menghimbau bakal pasangan calon (paslon) perseorangan/independen  bupati-wakil bupati agar memanfaatkan waktu pengumpulan syarat dukungan secara efektif.

Demikian hal itu disampaikan Budi mengingat calon perseorangan atau independen jalur pencalonannya cukup berat.

"Jumlah minimal dukungan 7,5 persen dari DPT terakhir, baru bisa dinyatakan sah oleh KPU sebagai calon perseorangan. Artinya, dengan DPT terakhir pada Pilpres 688.635 pemilih, maka syarat minimal dukungan 51.648 pendukung," katanya.

Selain itu, imbuh Budi, dukungan harus tersebar lebih dari 50 persen wilayah atau sembilan kecamatan.

Budi menjelaskan berdasarkan aturan KPU, dukungan terhadap calon perseorangan dibuktikan dengan formulir yang telah disediakan berisi nama pendukung dan tandatangan serta berhak pilih.

Selanjutnya, Paslon diberi waktu menyerahkan syarat itu mulai 25-29 November 2017. Setelah itu, KPU masih melakukan verifikas dokumen dukungan paslon perseorangan secara administratif dan faktual.

"Kami akan mengecek apakah memenuhi dukungan 51 ribu sekian penduduk. Setelah masa perbaikan akan dicek lagi. Jadi, prosesnya tidak sederhana. Bagi yang berminat maju di jalur perseorangan harus memperhatikan hal ini," katanya. (R-008)

0 Response to " Ketua KPU Karanganyar: Dibutuhkan 51.648 KTP Pendukung Untuk Calon Independen"

Posting Komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel