Header Ads

KPU Minta MUI Terbitkan Khutbah Jumat Pilgub Damai


PortalPilkada.Id | Komisioner Bidang Teknik Ichwanudin kepada MUI Jateng mengatakan, KPU Jateng meminta dukungan segenap lapisan masyarakat untuk terlibat menyukseskan Pilgub Jateng yang akan mulai digelar pada 27 Juni 2017.

Menurutnya, MUI Jateng termasuk elemen strategis yang diharapkan ikut andil besar.

“Kami memerlukan nasihat dari MUI Jateng, tentang apa yang harus kami lakukan untuk suksesnya Pilgub Jateng yang damai, termasuk memohon dibuatkan naskah khutbah Jumat yang akan disampaikan secara serentak di seluruh masjid di provinsi ini, menjelang pencoblosan,” kata dia.

Terhadap permintaan ini, Ketua Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji menyatakan sanggup untuk menerbitkan khutbah Jumat yang akan dibacakan secara serentak di 35.000 lebih masjid di seluruh Jateng. Hal ini sebagai misi penting untuk mengupayakan pilgub Jateng yang damai, aman, tertib, luber, dan berkualitas.

Ichwanudin menjelaskan, tahapan pilgub Jateng akan diawali dengan peluncuran kesiapan penyelenggaraan pilgub Jateng pada 29 Agustus 2017, di Lawangsewu, Semarang.

Sebelumnya pada 25 Juli nanti akan dilakukan penadatanganan NPHD antara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan KPU Jateng.

Pilgub Jateng akan berjalan serentak dengan pilkada di tujuh kabupaten/ kota, meliputi Kabupaten Magelang, Temanggung, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Banyumas, Kudus, dan Karanganyar.

Dengan penyelenggaraan serentak ini, tambahnya, maka terjadi penghematan anggaran karena menggunakan subsidi silang. Total biaya Pilgub Jateng menjadi Rp 992 miliar, dari idealnya bila tidak ada subsidi silang mencapai Rp 1,5 triliun.

“Anggaran yang sudah dicover provinsi tidak dicover lagi oleh daerah, demikian pula sebaliknya,” tambah Ichwan.

Pada Pilgub Jateng 2018 ini, lanjut Ichwan, akan menjangkau 573 kecamatan, 8.559 desa dan kelurahan, 64.171 TPS, dan 28 juta pemilih. Maka, KPU banyak menyelenggarakan program sosialisasi agar partisipasi masyarakat dalam Pilgub Jateng dapat maksimal.

Sumber: SM

Tidak ada komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.