Inilah 5 Larangan yang tidak Boleh Dilanggar Petahana Selama Pilkada


PortalPilkada.Id |
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang tengah mempersiapkan sejumlah hal menjelang Pilkada Kota Tangerang 27 Juni 2018.

Komisioner KPU Kota Tangerang, Banani Bahrul melihat ada lima hal penting yang wajib diketahui oleh bakal calon selaku petahana sebagaimana ketentuan Pasal 89 dan Pasal 4 Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017.

Banani Bahrul mennyebutkan lima hal tersebut meliputi:

Pertama,  bakal calon selaku petahana dilarang melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan.

Kedua, bakal calon selaku petahana dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan Pemerintah Daerah untuk kegiatan pemilihan enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih.

Ketiga, jika bakal calon selaku petahana melanggar ketentuan pertama dan kedua, petahana yang bersangkutan dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon.

Keempat, bersedia berhenti dari jabatannya sejak ditetapkan sebagai calon jika mencalonkan diri di kabupaten/kota atau provinsi lain.

Kelima, bersedia untuk cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye jika mencalonkan diri di daerah yang sama.

Mengacu kepada tahapan Pilkada 2018, penetapan pasangan calon adalah 12 Februari 2018.

Dengan demikian, terhitung sejak 12 Agustus 2017 hingga akhir masa jabatan, kepala daerah yang hendak mencalonkan tidak dapat melakukan penggantian pejabat. Sementara jadwal kampanye dimulai sejak 15 Februari 2018 hingga 23 Juni 2018. (R)

0 Response to "Inilah 5 Larangan yang tidak Boleh Dilanggar Petahana Selama Pilkada"

Posting Komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel