Header Ads

KPU: Pemasangan Atribut Kampanye Diperbolehkan


PortalPilkada.Id |
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat Agus Rustandi mengatakan tidak melarang pemasangan berbagai atribut bakal calon dalam pemilihan gubernur maupun bupati/wali kota seperti baligo atau spanduk.

"Itu diperbolehkan untuk mempromosikan diri kepada masyarakat, meski belum ada aturan khusus," katanya, kemarin.

Menurutnya, pemasangan atribut kampanye diperbolehkan. Pasalnya, hingga saat ini di KPU sendiri tidak ada penjelasan yang mengatur masalah itu.

Hal itu disampaikan Agus Rustandi guna menjawab pelbagai pertanyaan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Barat.

Seperti diketahui meski baru tahapan penjaringan kandidat, tapi beberapa relawan sudah mulai ramai memasang  berbagai atribut para bakal calonnya.

Yang demikian itu. kata Agus, adalah bagian dari persoalan di lapangan dan dalam pandangan KPU tidak menjadi persoalan atau melanggar aturan dalam tahapan pelaksanaan Pilkada serentak.

”Tapi disarankan tetap mengedepankan estetika dalam pemasangannya,” sarannya.

Kedepan, KPU akan mengatur masalah pemasangan atribut kampanye para bakal calon setelah adanya ketetapan secara resmi pasangan peserta Pilkada. Seluruh peserta Pilkada serentak 2018 di Jabar, kata dia, sesuai Peraturan KPU tidak boleh memasang berbagai atribut kampanye, kecuali oleh KPU.

”Kecuali sudah penetapan calon, kewenangannya KPU karena anggaran untuk kampanye dibebankan ke KPU,” jelasnya. (R)

Tidak ada komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.