Header Ads

KPU: Pendaftaran Calon Independen Dibuka pada 5-9 November 2017


PortalPilkada.Id |
Ketua KPUD KBB, Iing Nurdin mengatakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih menunggu keputusan mengenai aturan yang akan dipakai sebagai patokan persyaratan dukungan bagi calon independen.

"Saat ini revisi Peraturan KPU (PKPU) masih belum rampung. Ya, kita tunggu saja," katanya, hari ini, kepada awak media  di Kantor KPUD KBB Jalan Raya Tagogapu, Padalarang.

Menurut Iing Nurdin, ada dua alternatif mengenai jumlah persyaratan dukungan bagi calon yang akan maju dari independen.

Yang pertama adalah data yang mengacu kepada DPT pada Pilpres sebelumnya atau berdasarkan kepada DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) yang akan ditetapkan oleh pemerintah pusat.  

Ketika ditanya soal angka persyaratan bagi calon independeng, Iing enggan mengatakannya, pasalnya; "Kami belum memutuskan berapa angka dukungan yang dibutuhkan bagi peserta calon independen yang akan maju, karena memang masih menunggu aturan mana yang akan dipakai nantiya,” dalihnya.

Namun demikian, imbuh Iing, jika mengacu kepada DPT Pilplres dengan persentase 6,5 persen dari jumlah hak pilih yang mencapai 1.175.543 hak pilih maka dukungan bagi peserta calon independen sekitar 76 ribu.

"Tapi jika nantinya aturan mengacu kepada DP4 maka kemungkinan angka jumlah dukungan bagi calon independen bisa di atas 80 ribu," ujarnya. 

Terkait pendaftaran bagi calon independent, Iing menyebut hingga kini belum dilakukan. Alasannya, berdasarkan tahapan yang telah ditetapkan, baru akan dibuka pada 5-9 November 2017. (R)

Tidak ada komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.