Header Ads

KPU Tangerang Tandatangani MoU dengan Kejari dan Disdukcapil


PortalPilkada.Id |
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang hari ini menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding — MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang serta Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang.

Penandatanganan nota kesepahaman itu disaksikan Sekretaris KPU Kota Tangerang, HR Ginanjar Taufiq dan sejumlah undangan di sebuah hotel di bilangan Neglasari, Kota Tangerang.

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi menjelaskan, Kejaksaan sebagai pengacara negara bisa membantu KPU dalam permasalahan hukum.

Sedangkan kerjasama dengan Disdukcapil, terang Sanusi, KPU bisa diberi kemudahan mengakses data kependudukan dari pemerintah.

“Dengan data yang valid sehingga bisa meminimalisir persoalan data pemilih,” ungkap Sanusi.

Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang, Edyward Kaban SH MH mengatakan, setelah diberi kuasa khusus dari lembaga pemerintah.

“Kami siap mendukung sejak tahapan pengumpulan data,” ujar Edyward Kaban.

Ditambahkannya, KPU memperoleh dana dari pemerintah. Kejaksaan tidak ingin pengeluaran dana pemerintah yang digunakan KPU tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Kalau ada gugatan dari pendukung atau peserta Pilkada, kami dapat mendampingi KPU dan Disdukcapil di Mahkamah Konstitusi. Kami diberi kuasa khusus oleh KPU. Tanpa kuasa khusus kami tidak bisa mendampingi,” jelasnya. (Hadi)

Tidak ada komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.