Bawaslu Gandeng KPK Cegah Politik Uang Pilkada


PortalPilkada.Id |
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bersinergi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pengawasan dan pancegahan pelanggaran terkait dana kampanye , mahar politik, dan politik uang.

‘Wewenang Bawaslu dalam melakukan audit aliran dana kampanye sangat terbatas. Akibatnya pencegahan dan penindakan penyimpangan dana kampanye kurang efektif kalau hanya dilakukan Bawaslu sendiri. Karena itu, Bawaslu dan KPK bersinergi untuk memaksimalkan pencegahan pelanggaran termasuk mahar politik dan politik uang agar tidak terjadi, ” kata Ketua
Bawaslu Abhan usai audiensi dengan KPK di Gedung KPK, Kumngan. Jakana Selatan (10/10/2017).

Menurutnya, penting bagi Bawaslu untuk membangun Strategi pengawasan dan pencegahan terkait dana kampanye, mahar politik dan politik uang. Strategi harus dibangun bahkan sebelum Pilkada Serentak 2018 memasuki tahapan pencalonan dan Pemitu 2019 memasuki tahapan pencalonan anggota legislatif.

“Dalam proses pencarian dukungan. Bawaslu mengimbau kepada seluruh bakal calon agar tidak melakukan pemberiaan imbalan dalam bentuk apa pun untuk mendapat dukungan partai politik dalam pencalonan. Senada dengan itu, bagi bakal calon perseorangan juga tidak melakukan praktik jual beli dukungan pemilih untuk memenuhi syarat dukungan calon perseorangan," lanjut Abhan.

Bawaslu, imbuhnya, berupaya menangkap serta menindak pelaku politik uang. Secara peraturan, dalam UU sudah sangat jelas mengatur hal ini. Salah satu penyebabnya, modus politik uang selalu berubah serta dilakukan secara terselubung dan rapi.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Mochammad Afifuffidin meyakini, praktik politik uang melibatkan banyak pihak di antaranya, pasangan calon kepala daerah, tim pemenangan maupun pengurus partai politik.

Oleh karena itu, Afif merasa perlu membangun kerja sama dan berbagi pengetahuan dengan KPK terkait teknik dan cara menangkap para pelaku praktik politik uang.

Afif menjelaskan, kerja sama juga dilakukan untuk mencegah pemberian mahar politik. Bawaslu melakukan upaya pencegahan adanya praktik jual-beli dukungan dengan melakukan sosialisaSI aktif kepada partai politik dan masyarakat.(Humas Bawaslu/R)

0 Response to " Bawaslu Gandeng KPK Cegah Politik Uang Pilkada"

Posting Komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel