Peluang PDIP Merayu Ibu Susi di Pilgub Jabar Cukup Besar


PortalPilkada.Id |
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) selalu menghadirkan sejumlah kejutan. Termasuk yang terjadi jelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 mendatang.

Akhir-akhir ini sosok Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar disebut-sebut bakal dicalonkan dalam pesta demokrasi tersebut. Padahal, masih ada nama potensial lain yang juga bisa meramaikan Pilgub Jabar di tahun depan.

Pengamat politik Universitas Parahyangan (Unpar) Asep Warlan menilai sosok Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti bisa menjadi opsi di luar tiga nama yang saat ini berkembang.

Menurutnya, Susi merupakan tokoh perempuan yang layak ditawarkan ke masyarakat Jawa Barat.

Dari sisi popularitas, kata Asep, Susi memiliki tingkat popularitas yang baik. Kemudian dari sisi kemampuan juga tidak perlu diragukan.

Menurutnya, Susi adalah salah satu menteri di dalam Kabinet Kerja yang memiliki kinerja baik.

"Ibu Susi tokoh perempuan menarik sekali. Menarik untuk ditawarkan. Ibu Susi memiliki pengalaman, jaringan, integritas. Kemudian dia juga asal Jawa Barat, kenapa enggak ditawarkan ke publik," kata Asep, saat dihubungi, Kamis (5/10/2017).

Untuk itu, partai-partai melakukan pendekatan kepada Susi agar mau bertarung di Pilgub Jabar.

"Tapi kalau saya lihat, PDIP punya peluang besar itu. Siapa tahu PDIP bisa merayu Ibu Susi untuk ke Jabar," ujar Asep.

Selain Susi, ada juga nama Yuddy Chrisnandi. Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi yang kini menjabat Dubes Ukraina juga menjadi nama potensial lainnya yang layak maju pada Pilgub Jabar 2018.

"Tapi sekarang dia sudah menjadi Dubes mau enggak meletakkan jabatan Dubes menjadi gubernur Jabar. Meski susah tapi kenapa (partai tidak melirik untuk) ditawarkan ke publik juga," ucap Asep.

Dihubungi terpisah, pengamat politik Unpad Firman Manan menilai Menteri Susi bisa menjadi opsi pilihan bagi masyarakat Jawa Barat bila tertarik untuk maju di Pilgub Jabar. Karena secara popularitas Menteri Susi memiliki popularitas yang baik.

Namun, sejauh ini Firman melihat belum ada ketertarikan dari Susi untuk maju di Pilgub Jabar. Pasalnya belum ada satu statement yang muncul dari Susi terkait Pilgub Jabar 2018.

"Tapi kita lihat Ibu Susi belum punya ketertarikan. Bahkan statement soal Pilgub saja kita lihat belum ada," ujarnya.


0 Response to "Peluang PDIP Merayu Ibu Susi di Pilgub Jabar Cukup Besar"

Posting Komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel