Pilpres 2019 Diprediksi akan Mengulang Pertarungan Prabowo dan Jokowi


PortalPilkada.Id |
Penetapan presidential treshold (PT) alias ambang batas 20 persen pada Pemilu serentak 2019 hanya akan mengulang pertarungan calon presiden sebelumnya.

Panglima Garuda Nusantara (GN) Center, Andrianto menjelaskan, Pilpres diprediksi akan menjadi area pertarungan antara Joko Widodo sebagai incumbent dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai penantang bila ambang batas diberlakukan.

"PT harusnya nol persen, karena semangat dari Pemilu serentak dengan PT memungkinkan munculnya figur-figur baru atau alternatif," kata dia dalam rilisnya hari ini, Senin (23/10).

"Dan itu, yang kemudian diinginkan publik, supaya Pilpres (2019) ini tidak ulangan," tambah dia.

Menurut dia, apabila Mahkamah Konstitusi (MK) tidak membatalkan frasa pada UU 7/2017 yang mengatur PT, makan tiga pasangan calon presiden saja yang akan muncul.

"Akan terjadi 3 poros kandidat, tetapi idealnya tetap nol persen. Pemilu serentak yang kita terapkan itu, berkiblat ke Amerika Latin, tetapi kenapa kemudian hanya mengadopsi pemilu serantaknya saja, di Brazil saja pada Pemilu serentak bisa memunculkan 11 pasangan calon," demikian Andrianto.

0 Response to " Pilpres 2019 Diprediksi akan Mengulang Pertarungan Prabowo dan Jokowi"

Posting Komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel