Bawaslu Panggil Sejumlah ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung


PortalPilkada.Id | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memanggil sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Pemkab Lampung Selatan untuk mengklarifikasi dugaan keterlibatan mereka dalam aktivitas politik.

Namun, Bawaslu masih menerapkan azas praduga tidak bersalah kepada para ASN tersebut.

“Inikan hanya temuan, bukan laporan langsung dari masyarakat. Kalau temuan akan kita proses selama tujuh hari sedangkan kalau laporan langsung dari masyarakat baru kita berikan sanksi,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah kepada awak media di kantornya, Sabtu (9/12/2017).

Menurut Fatikhatul, Bawaslu baru sebatas melakukan klarifikasi kehadiran ASN.

“Jadi belum kita putuskan apakah ada sanksi atau tidak, sebab masih menunggu proses lebih lanjut, kita belum bisa memberikan keterangan masih dalam proses pleno atas putusan apakah ini pelanggaran pemilu apa lainnya. Untuk itu kita memberikan batas waktu tujuh hari untuk mengumpulkan data atau bukti-bukti yang ada dari mereka,” ujarnya.

Dijelaskannya, jika sudah ada keputusan hasil dari Bawaslu, maka kewenangan bisa dilimpahkan ke lembaga bersangkutan dalam hal ini Inspektorat Provinsi Lampung. “Pada intinya dalam satu dua hari kami berikan jawaban,” tukasnya.

Fatikhatul mengatakan, dalam pelaksanaan pemilihan umum, ASN harus netral. Karena, hal itu sudah termuat dalam undang-undang pemilu.

“Jika memang benar terbukti ada pelanggaran UU pemilu, akan terkena sanksi pidana. Namun, jika tidak terbukti kita serahkan sepenuhunya kepada Komisi ASN (Inspektorat). Karena, dalam UU Komisi ASN terdapat dua sanksi, yakni sedang dan berat,” paparnya.

Ia menambahkan, Bawaslu tetap komitmen dan adil menangani potensi penyebab pelanggaran pemilu, terlebih lagi yang melibatkan pejabat sipil.

“Artinya, masih banyak ASN yanh belum paham dan mengerti akan hal ini. Dengan adanya kejadian ini kami harapkan mereka bisa tahu kalau ini adalah pelanggaran dini pemilu,” tandasnya.

Jurnalis : Agus Rahardja, Redaksi Sumatera Lampung


0 Response to "Bawaslu Panggil Sejumlah ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung"

Posting Komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel