Bawaslu Soroti Keterlibatan ASN di Pilkada Serentak 2018


PORTALPILKADA.ID | Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin yang juga Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialiasi mengatakan, selain money politics, keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada serentak 2018 nanti menjadi fokus perhatian Bawaslu RI.

"Salah satu yang menjadi fokus kita soal netralitas ASN. Ini menjadi catatan di hampir seluruh Provinsi yang ada Pilkada, dimana ASN ini kemudian dimobilisasi oleh pihak bakal calon, dan itu menjadi perhatian kita," ucap Afifuddin Kamis (21/12/2017) di Ternate.

Menurut Afif, yang jelas ada kewenangan yang tidak semua hukumannya itu dari Bawaslu, misalnya netralitas ASN, TNI dan Polisi yang mana pihaknya memberikan rekomendasi dan penindakannya ada di instansi terkait yang berwenang. Misalnya ASN di komisi ASN dan Propam untuk TNI dan Polri.

"Yang penting kita sudah berani melakukan penindakan serta teguran kalau mereka kita anggap dimobilisasi oleh pasangan calon, dan ini tidak hanya di Maluku Utara, karena Undang-Undang nomor 7 memberi amanat kepada kita untuk memberi larangan dan penindakan," jelasnya.

Selain itu, lanjut Afif, kampanye negatif berbasis SARA yang dimasukan di Media Sosial (Medsos) juga sangat mengkhawatirkan, termasuk berita Hoax dan tidak hanya akun Paslon yang telah mendaftar di KPU saja, semua Sosmed juga menjadi bagian yang diawasi oleh pengawas Pemilu.

"Kita sudah bekerja sama dengan Kepolisian dan Menkominfo yang memiliki kewenangan untuk menindak itu, dan ini jalan panjang kita untuk menindak kampanye-kampanye negatif di Media Sosial yang kalau ini dibiarkan akan sangat berbahaya karena memiliki daya ledak yang sangat tinggi," tandasnya.

Dikatakan Afif, pihaknya akan melakukan MoU dengan Kemenpan RB agar Komisi ASN juga berani menindak tegas Stafnya atau oknum yang dimobilisasi untuk melakukan pemenangan di Pilkada.

"ASN sendiri punya aturan, di kode etiknya ada dan sangat jelas. Tidak harus disosialisasikan oleh Panwaslu. Saya kira itu alibi, kalau semakin mereka melakukan itu, kita akan semakin tegas menindak mereka, sebab sebenarnya mereka tau, apa yang boleh dan apa yang tidak, jangan pura-pura tidak tau sehingga ada celah untuk dimobilisir," katanya, kepada RRI.*

0 Response to " Bawaslu Soroti Keterlibatan ASN di Pilkada Serentak 2018"

Posting Komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel