Arek Jatim Sesalkan Pernyataan Sekjen PDIP


PortalPilkada.Id | Kasus foto syur Azwar Anas makin menggelinding liar. Pasca pernyataan Sekjen DPP PDI P Hasto Kristiyanto yang menyebut "pihak sana" berada di belakang beredarnya foto asusila yang diduga Bacawagub Jawa Timur yang masih menjabat Bupati Banyuwangi Azwar Anas memancing reaksi keras dari banyak.

Aliansi Relawan Khofifah Jawa Timur (AREK JATIM) menilai pernyataan Hasto telah merusak tradisi politik dan berpotensi memecah belah masyarakat Jawa Timur, khususnya warga NU.

Koordinator AREK JATIM Robin Rohmana mengatakan kultur politik Jawa Timur selalu mengedepankan tabayyun dan supremasi hukum.

"Jika muncul permasalahan bukan main tuduh dan tuding tanpa dasar. Hal ini (pernyataan Hasto Kristiyanto) yang justru semakin memperkeruh suasana panas di Jatim," kata Robin kepada wartawan Sabtu (6/1/2018).

AREK JATIM sangat menyayangkan keluarnya pernyataan Hasto. Keterangan yang dinilai gegabah dan serampangan.

Menurutnya, hal itu dapat memicu konflik yang dapat menyeret banyak pihak terutama partai politik di luar koalisi PKB dan PDI P yaitu PAN, Gerindra, Golkar, PKS, Hanura, Nasdem, Demokrat, dan PPP.

Berikut RILIS dan pernyataan SIKAP AREK JAWA TIMUR TERKAIT  STATEMEN HASTO yang dibagikan kepada awak media, bahkan mereka publihs dalam akun resmi AREK JATIM:

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 harus menjadi momentum rakyat Jawa Timur untuk memilih pemimpin yang amanah yang mampu membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat Jawa Timur. Tentunya untuk mencapai hal itu harus dimulai dari tradisi berdemokrasi yang baik, santun dan beradab.

Demokrasi yang baik dan beradab harus dibangun dengan cara-cara yang baik, menjaga situasi yang kondusif, tidak gaduh, tidak saling serang namun mengedepankan visi dan misi, adu program, kampanye yang positif dan edukatif.

Kami dari Aliansi Relawan Khofifah Emil Jawa Timur (AREK JATIM) tidak menginginkan peristiwa demokrasi yang tidak baik di beberapa daerah yang penuh konflik pindah di Jawa Timur. Kami berharap Jawa Timur menjadi barometer nasional dalam penyelenggaraan pesta demokrasi yang baik dan beradab. Oleh karenanya keadaban, kesantunan, politik yang mengedukasi sangat kami junjung tinggi.

Kami sangat mengutuk cara-cara culas yang menodai proses demokrasi misalnya fitnah, kampanye hitam, menyerang pihak lain, politik uang dan cara-cara yang melanggar undang-undang dan etika politik.

Kami dari AREK JATIM sangat menyayangkan Pernyataan Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto yang mengkambinghitamkan ‘pihak sana’ terkait drama foto hot mirip bakal Cawagub Jatim, Abdullah Azwar Anas.

Pernyataan Hasto Kristiyanto sungguh sangat merusak tradisi politik di Jawa Timur. Jawa Timur yang memiliki kultur yang kuat selalu mengedepankan tabayyun & supremasi hukum jika terjadi permasalahan bukan main tuduh dan tuding tanpa dasar sehingga memperkeruh suasana Jawa Timur yang sangat kita cintai.

Kami dari AREK JATIM bersikap tegas :

1. Meminta Polisi dan Bawaslu untuk mengusut tuntas pelaku penyebar foto porno yang diduga Anas karena terindikasi kampanye hitam, junjung tinggi supremasi hukum agar terjawab kebenaran dan keadilan terkait foto tersebut.

2. Mengutuk keras cara-cara culas dalam proses berdemokrasi.

3. Hasto Kristiyanto harus mencabut statemennya yang menuding "pihak sana" karena akan memicu reaksi banyak pihak yakni partai yang tidak berkoalisi dengan PDIP dan PKB diantaranya PAN, GERINDRA, PKS, PPP, DEMOKRAT, NASDEM, Golkar dan HANURA serta masyarakat Jawa Timur.

4. Statemen Hasto Kristiyanto akan memicu adu domba para Kyai dan warga NU, mengingat sampai detik ini yang ikut berkontestasi semuanya adalah kader terbaik NU.

5. Hasto Kristiyanto kami harap lebih belajar berhati-hati dalam bersikap dan berbicara. Hasto Kristiyanto harus banyak belajar sosio politik Jawa Timur sehingga tidak membuat statemen yang dapat memecah belah warga Jawa Timur.

6. Statemen Hasto Kristiyanto akan berpotensi membenturkan para Kyai-Kyai di Jawa Timur, karena pasangan Syaifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas didukung oleh para kyai. Begitupula pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak yang didukung oleh para kyai terlebih keluarga pendiri NU.

7. Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat aktif menjaga pesta demokrasi di Jawa Timur agar terwujud situasi dan kondisi yang kondusif.

Demikian pernyataan sikap kami. Mari kita junjung demokrasi di Jawa Timur dengan mengedepankan  kesantunan dan  keadaban. Junjung tinggi politik yang mengedukasi bukan politik serangan yang basi.

Kami ingin Jawa Timur baik, baik, dan sangat baik

Blitar, 6 Januari 2018
Hormat Kami
Robin Rohmana
AREK JATIM
(Aliansi Relawan Khofifah-Emil Jawa Timur)

https://www.facebook.com/aliansirelawankhofifahemil/



0 Response to "Arek Jatim Sesalkan Pernyataan Sekjen PDIP"

Posting Komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel