Header Ads

KPU Jawa Barat Pastikan Partai Golkar Lolos Verifikasi Pemilu 2019


PortalPilkada.ID | Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq mengatakan berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), KPU wajib melakukan verifikasi lapangan terhadap seluruh parpol calon peserta pemilu 2019.

"Tidak hanya parpol baru, verifikasi faktual pun harus dilakukan terhadap partai lama yang telah menjadi peserta Pemilu 2014, termasuk Golkar,"kata Endung kepada wartawan di Bandung, Senin (29/1).

Endun mengatakan verifikasi yang dilakukannya mencakup tiga hal, yakni terkait kepengusuan DPD Partai Golkar Jabar yang meliputi KTP elektronik yang dari pengurus partai, dan SK kepengurusan dari DPP.

"Untuk kepengurusan ini sudah memenuhi syarat. Partai Golkar dianggap menenuhi syarat minimal 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan," ucap Endun.

Verifikasi faktual yang kedua adalah terkait keterwakilan perempuan, dari batas minimal yakni 30 persen perempuan, Golkar Jabar memiliki Calon Legislatif sebanyak 34 persen.

"Walaupun keterwakilan perempuan di provinsi atau kota/kabupaten hanya memperhatikan, tapi Golkar Jabar ini sudah 34 persen," katanya.

Kemudian verifikasi faktual yang ketiga adalah mengecek dokumentasi kantor sekretariat, di mana diperiksa domisili kantor sekretariat maupun kepemilikan kantor.

Setelah itu, KPU akan menetapkan Parpol calon peserta pemilu 2019 yang lolos tahap verifikasi lapangan pada 17 Februari 2018.

"Tiga hal tadi sudah kita cek bersama Bawaslu Jabar," ujar Endun.

Sumber:jabarprov.go.id

Tidak ada komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.