Header Ads

Potensi Kecurangan di Pilgub Jabar Masih Besar


PortalPilkada.Id | Kandidat Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar memprediksi potensi kecurangan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 di Jawa Barat masih besar. Terlebih ada temuan tindak pidana suap yang dilakukan oknum anggota KPU Kabupaten Garut Beberapa waktu lalu.

Pria yang dikenal sebagai Jendral Naga Bonar itu mengatakan, kemungkinan terjadi kecurangan itu bukan hanya di Garut, namun kemungkinan di kabupaten kota lain yang sedang melaksanakan pilkada serentak. Begitu juga dalam helatan pemilihan Gubernur (Pilgub).

"Memprihatinkan di Garut dilakukan oleh oknum petugas penyelenggara yang seharusnya bersikap netral," kata Demiz panggilan akbar Deddy Mizwar, Rabu (28/2/2018).

Menurut Demiz, dengan kejadian tersebut ini menjadi presiden buruk bagi komisi pemilihan umum (KPU), maka dengan demikian bagi penyelenggara begitu juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus hati-hati dalam mengambil keputusan suatu hal, terlebih dalam tindak pindana.

"Bagi KPU harus ada kehati-hatian, begitu juga dengan kontestan jangan mencoba berani kecurangan. Harus ada pengawasan dan mengawal penyelenggaraan pesta demokrasi, bukan hanya penyelenggara namun juga semua elemen masyarakat termasuk media massa.

Namun Demiz berharap, tidak ada lagi aksi serupa yang dilakukan oleh penyelenggaran atau oleh kontestan, "Jangan kotori pesta demokrasi ini dengan kecurangan," tegasnya. (R/GM)

Tidak ada komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.