Jelang Pilkada, KPU Kota Metro Genjot Pemutahiran Data Pemilih


PortalPilkada.ID | Menjelang Pemilihan Gubernur (pilgub) Lampung yang akan di selenggarakan pada 27 Juni mendatang KPU kota Metro melakukan berbagai tahapan pemutahiran data pemilih Daftar Pemiilih Sementara (DPS) pada tingkat kota Metro disampaikan melaluli PPS (panitia pemungutan suara) tertanggal 14 Maret-2 April 2018.

"Kita lakukan agar seluruh matapilih kota Metro dapat terdatar pada DPS Pilgub 2018, namun jika belum terdaftar yang bersangkutan harus melapor ke PPS dengan mengisi formulir model A1 KWK atau menunjukkan KTP atau KK atau surat keterangan bahwa yang bersangkutan sudah memenuhi persyaratan sebagai mata pilih pada Pilgub 2018," kata Nur Muhammad kepada Lampung Daily diruang kerjanya Kamis 05-04-2018.

Sementara untuk DPS sampai dengan tanggal 05-April catat sebanyak 111,131 (seratus sebelas ribu seratus tiga puluh satu) pemilih, sedangkan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat ini masih dalam proses, hal ini mengingat kata Nur Muhammad, "Penduduk kota Metro kemungkinan ada yang belum terdaftar, mungkin juga ada yang pindah atau baru pindah dari daerah Lain, kan bisa aja terjadi," katanya.

Lebih lanjut Nur Muhammad mengatakan, untuk tenggang waktu DPT dimulai dari DPS melalui pleno di tingkat PPS dan PPK, sedangkan pada saat pemungutan suara pada Pilgub Lampung pada Juni mendatang, bagi mata pilih yang belum melakukan perekaman E-KTP yang bersangkutan juga belum terdaftar sebagai DPT, "Ini sesuai dengan Peraturan KPU Pasal 7 ayat 2 bahwa DPT wajib menunjukkan E-KTP surat keterangan dari Diskupcapil," jelasnya.

Akan tetapi lanjut Nur Muhammad,  boleh atau tidaknya mata pilih yang belum memiliki E-KTP KPU merujuk pada edaran KPU RI bahwa pemilih yang sudah terdaftar di DPT wajib menunjukkan E-KTP atau surat keterangan, "Bila mana sampai pada hari pemungutan suara boleh atau tidaknya kami masih menunggu surat edaran dari KPU RI," tandasnya.

Terpisah Agus Riyanto selaku Defisi Sosialisai dan Parmasi (partisipasi masyarakat) juga mengatakan menjelang Pilgub yang akan diselenggarakan pada tanggal 27Juni mendatang KPU kota Metro tak henti-hentinya mensosialisasikan kepada warga masyarakat kota Metro.

Sebagai bentuk sosialisasi pada Jum'at 06-04 besok pihak KPU kota Metro akan melakukan gerbeg pasar di dua kecamatan, yakni pasar Margorejo Metro Selatan, dan pasar purwosari Metro utara, tukasnya.

Jurnalis : Zainal Arifin


0 Response to " Jelang Pilkada, KPU Kota Metro Genjot Pemutahiran Data Pemilih "

Posting Komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel