Header Ads

Bawaslu: ASN Boleh Menghadiri Kampanye Paslon, Tapi Ada Batasannya


PortalPilkada.ID |  Bawaslu Propinsi Bandar Lampung kembali mengingatkan para ASN agar mematuhi aturan yang termaktub dalam undang undang no.5 tahun 2004, utamanya tentang ASN  yang tak melarang pegawai negeri menggunakan suaranya pada pemilu.

Selain itu, Bawaslu juga mengingatkan terkait aturan bawaslu RI tentang aparatur sipil negara di perbolehkan menghadiri kampanye.

Menurut Ade Azhari, salah seorang anggota Bawaslu Propinsi Bandar Lampung memberikan keterangan bahwa ASN boleh menghadiri kampanye sejauh yang bersangkutan tidak memakai atribut ASN, tidak memakai fasilitas negara, tidak dihari kerja dan tidak menunjukkan keberpihakan kepada salah satu pasangan calon (Paslon).

"ASN boleh hadir di beberapa metode kampanye dan tidak menunjukkan keberpihakan. Dan tidak boleh menyebarkan alat kampanye dan memasang atribut kampanye," katanya, kepada Lampung Daily, Hari ini. (5/4).

Dia menambahkan, seperti acara rapat terbatas, Tatap Muka dan dialog dengan salah satu paslon itu tidak boleh dilakukan ASN. Itu model kampanye dengan menunjukkan keberpihakan," pungkasnya.

Saat di konfirmasi, Ketua Panwaslu Lampung Utara Zainal Bahtiar mengatakan beliau masih menunggu surat terkait hal tersebut dari Banwaslu Pusat. "Karena sampai dengan sekarang surat tersebut belum diterima oleh pihak Panwaslu Lampung Utara," tutur zainal Bachtiar.

Jurnalis : Juaini Adami


Tidak ada komentar


Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.